Edit Content

Menu Utama

Lainnya

ASPEKPIR Serukan Pentingnya Isu Regenerasi Profesi Petani Sawit Menjadi Perhatian Bersama

PEKANBARU- Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perusahaan Inti Rakyat (ASPEKPIR) melihat pentingnya negara untuk memastikan regenerasi petani kelapa sawit dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga sawir berkelanjutan dapat terwujud.

 

Ketua Umum ASPEKPIR Setiyono mengatakan saat ini populasi petani kelapa sawit sangat didominasi oleh generasi pertama dan petani merasakan kesulitan untuk mewariskan profesi petani sawit kepada generasi kedua.

 

Hal itu karena profesi petani secara umum cenderung ditinggalkan oleh generasi muda. “Hal ini tidak boleh dibiarkan. Harus menjadi perhatian negara supaya program sawit berkelanjutan tercapai,” katanya.

 

Dia menjelaskan asosiasinya akan berupaya keras untuk memacu semangat para anggota untuk mewujudkan petani kelapa sawit milenial, salah satunya melalui berbagai pendidikan dan pelatihan. “Generasi muda sawit harus diajak untuk mencintai profesi petani sawit,” ujarnya.

Baca Juga:  Komisi IV DPR RI, BPDPKS dan ASPEKPIR Gelar Sosialisasi Sawit Baik di Blitar

 

Sementara itu, mengutip keterangan Badan Pusat Statistik (BPS) Agustus 2021 lalu, jumlah penduduk usia kerja mencapai 206,71 juta. Di mana bidang pertanian jadi bidang yang banyak ditinggalkan angkatan kerja.

 

Berdasarkan sektor lapangan pekerjaan utama, jumlah penduduk usia kerja terbanyak tercatat pada sektor pertanian 37,13 juta orang, perdagangan 25,74 juta orang, industri pengolahan 18,7 juta orang, akomodasi dan makan minum 9,18 juta orang, dan sektor konstruksi sebanyak 8,29 juta orang.

 

Kendati demikian, jika dibandingkan Agustus 2020 terdapat jumlah pengurangan usia kerja terbesar pada sektor pertanian, yakni sebanyak 1,1 juta orang yang tidak lagi bekerja di sektor pertanian.

Bagikan:

Informasi Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer
kelapa-sawit
Begini Cara Membuat Pakan Ikan dari Bungkil Kelapa Sawit
PLASMA
Peraturan Menteri Pertanian No.26 tahun 2007 tentang Padoman Perizinan Usaha Perkebunan
Merauke Ok
Sosialisasi Sawit Baik Indonesia 2022 di Kab. Garut Jawa Barat
Slide2
Palm Oil Mill Effluent atau POME Bisa Diolah Menjadi Biodiesel
Terbaru
Slide1
Program PSR Telah Sentuh 142.078 Pekebun Kelapa Sawit Rakyat
Slide2
Gapki Prediksi Kinerja Ekspor Minyak Sawit Indonesia Menurun pada Tahun 2024
Mentan10
Pengurus Aspekpir Dikukuhkan, Mentan Tekankan Pentingnya Hilirisasi Sawit
Slide5
FGD BPDPKS-ASPEKPIR: Regenerasi Petani Sawit Kunci Mewujudkan Sawit Berkelanjutan