Edit Content

Menu Utama

Lainnya

BPDPKS-Aspekpir Dorong Regenerasi Petani Kelapa Sawit PIR di Simalungun, Sumut

Siantar-Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Asosiasi Petani Kelapa Sawit PIR (Aspekpir) Indonesia berkolaborasi mendukung regenerasi petani kelapa sawit di Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara.

 

Kolaborasi tersebut diwujudkan dengan menggelar Focus Group Discussion Petani Kelapa Sawit Milenial yang dilaksanakan di Hotel Sing A Song, Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun, Selasa, 14 November 2023.

 

Acara dibuka oleh Bupati Simalungun diwakili Kepala Dinas Perkebunan Sakban Saragih. Dari Aspekpir hadir Wakil Ketua Aspekpir Agus Sutarman, Ketua DPD I Aspekpir Sumatra Utara Syarifuddin Sirait, Senior Staf Divisi Lembaga Kemasyarakatan dan Civil Society BPDPKS Muhamad Rahmat.

 

Foto bersama di sela-sela kegiatan.

Kegiatan ini dihadiri oleh 100 peserta yang berasal dari petani kelapa sawit PIR milenial di wilayah Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Asahan yang merupakan sentra kelapa sawit di sekitar Kota Siantar.

 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun Sumatra Utara Sakban Saragih saat membuka acara FGD tersebut mengatakan jika saat ini sudah muncul gejala berhentinya proses regenerasi petani kelapa sawit, tidak terkecuali di Kabupaten Simalungun.

 

Dia blak-blakan menjelaskan fenomena petani sawit di Kabupaten Simalungun dimana anak-anak petani sawit lebih senang menjadi pedagang atau pengusaha perantara pembeli TBS dibandingkan dengan menjadi petani. “Oleh karena itu, regenerasi ini haris kita dukung,” katanya.

 

Ketua DPD I Aspekpir Sumut Syarifuddin Sirait mengatakan kelapa sawit adalah komoditas dan potensial untuk membangun perekonomian di negara Indonesia. Minyak dari kelapa sawit adalah kebutuhan pokok untuk pengolahan bahan makanan dan lain lain.

Baca Juga:  ASPEKPIR Serukan Pentingnya Isu Regenerasi Profesi Petani Sawit Menjadi Perhatian Bersama

 

Salah satu produsen kelapa sawit terbesar di dunia, bisnis usaha kelapa sawit menawarkan peluang bisnis yang menarik. Kelapa sawit di kenal sebagai palm oil biasanya industri sering menggunakan sebagai makanan, kosmetik dan energi.

 

“Namun, bisnis usaha kelapa sawit tak semudah yang anda pikirkan harus mempertimbangkan bagaimana mengelola bisnis supaya bisa berkembang dan produktif. Bukan cuma itu sebagai pembisnis juga perlu memikiirkan aktifitas produksi,” katanya.

 

Salman Sirait, Advocat yang menjadi salah satu pembicara mengatakan sektor perkebunan perlu dikelola dengan baik agar mampu memberikan kesejahteraan bagi rakyat sebagaimana amanat UU Dasar 1945 khususnya pasal 33 yakni bahwa bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

 

Senior Staff Divisi Lembaga Kemasyarakatan & Civil Society Muhamad Rahmat mengatakan Sektor sawit di Indonesia yang melibatkan 2,4 juta petani swadaya dan 16 juta tenaga kerja, dapat terus mendorong PDB di sektor perkebunan pada angka yang positif, sehingga PDB Indonesia di Triwulan I 2023 bertumbuh positif di angka 5,03%.

 

Sejak tahun 2000, Sektor Kelapa Sawit Indonesia telah membantu 10 juta orang keluar dari kemiskinan karena faktor-faktor yang terkait dengan perkebunan kelapa sawit dan setidaknya 1,3 juta orang di pedesaan terangkat langsung dari garis kemiskinan karena industri kelapa sawit.

Bagikan:

Informasi Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer
PLASMA
Peraturan Menteri Pertanian No.26 tahun 2007 tentang Padoman Perizinan Usaha Perkebunan
Slide1
Opening Ceremony Bimbingan Teknis UMKM Bikopra Aspekpir Indonesia di Provinsi Riau, 21 November 2022
Dokumentasi Laporan Musirawas (1)
Begini Dampak Positif Hilirisasi Kelapa Sawit di Indonesia.
Slide2
Palm Oil Mill Effluent atau POME Bisa Diolah Menjadi Biodiesel
Terbaru
2024-05-12-akhir-pengabdian-sugiarti
Akhir Pengabdian Sugiarti, Istri Tercinta Setiyono, Ketua Umum Aspekpir Indonesia
IKLAN DUKA CITA
Aspekpir Indonesia Berduka, Istri Tercinta Ketua Umum Wafat.....
Sulteng
BPDPKS-Aspekpir Gelar Workshop UKMK; Petani Sawit Plasma Sulteng Ingin Kembangkan Ternak Sapi Pola Siska
Workshop Riau
BPDPKS-Aspekpir gelar Workshop UKMK Industri Kecantikan Berbasis Kelapa Sawit