Edit Content

Menu Utama

Lainnya

Bungaran Saragih: Sawit Sektor Strategis Dalam Pembangunan Nasional

JAKARTA-Sektor perkebunan  kelapa sawit nasional merupakan salah satu satu sektor strategis dalam pembangunan nasional yang berkontribusi signifikan terhadap pembangunan di bidang sosial,  ekonomi bahkan lingkungan dan sudah banyak diungkap oleh para peneliti.

Hal itu disampaikan Mantan Menteri Pertanian periode 2000-2004 yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute (PASPI), Bungaran Saragih saat memberikan sambutan pada acara Advokasi Sawit dan Peluncuran Buku Mitos Vs Fakta Sawit di Hotel Aryaduta, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Pada Tahun 2022, katanya, industri sawit nasional telah menyumbangkan devisa dari ekspor produk sawit sekitar US$ 39 miliar, dan menghemat devisa dari mandatori biodiesel sekitar US$ 10,3 miliar. Sehingga secara keseluruhan industri sawit menyumbang devisa hampir mencapai US$ 50 miliar. Tidak ada komoditi di Republik ini yang seperti ini, sampai sekarang ini.

Baca Juga:  Palm Oil Mill Effluent atau POME Bisa Diolah Menjadi Biodiesel

Dia mengatakan bahwa industri sawit telah berkontribusi besar dalam penciptaan surplus neraca perdagangan Indonesia yang telah dinikmati dalam tiga tahun terakhir, khususnya pada saat masa pandemi Covid-19. “Sawit salah satu penyelamat ekonomi kita pada masa Covid yang lalu,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, industri sawit di dalamnya juga terdapat 2,5 juta rumah tangga petani, mempekerjakan sekitar 16,5 juta tenaga kerja, dan setidaknya ada sekitar 70 juta rakyat Indonesia yang ekonominya terkaya dengan industri sawit.

“Keberhasilan industri menjadi produsen minyak dunia, dan diikuti pula keberhasilan minyak sawit dunia, mendominasi minyak nabati dunia. Jadi kita tidak hanya produsen terbesar sawit dunia, tapi kitalah produsen terbesar minyak nabati dunia,” tuturnya.

 

Bagikan:

Informasi Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer
PLASMA
Peraturan Menteri Pertanian No.26 tahun 2007 tentang Padoman Perizinan Usaha Perkebunan
Slide1
Opening Ceremony Bimbingan Teknis UMKM Bikopra Aspekpir Indonesia di Provinsi Riau, 21 November 2022
Dokumentasi Laporan Musirawas (1)
Begini Dampak Positif Hilirisasi Kelapa Sawit di Indonesia.
Slide2
Palm Oil Mill Effluent atau POME Bisa Diolah Menjadi Biodiesel
Terbaru
2024-05-12-akhir-pengabdian-sugiarti
Akhir Pengabdian Sugiarti, Istri Tercinta Setiyono, Ketua Umum Aspekpir Indonesia
IKLAN DUKA CITA
Aspekpir Indonesia Berduka, Istri Tercinta Ketua Umum Wafat.....
Sulteng
BPDPKS-Aspekpir Gelar Workshop UKMK; Petani Sawit Plasma Sulteng Ingin Kembangkan Ternak Sapi Pola Siska
Workshop Riau
BPDPKS-Aspekpir gelar Workshop UKMK Industri Kecantikan Berbasis Kelapa Sawit