Edit Content

Menu Utama

Lainnya

Lima Produk di Dapur yang Terbuat dari Kebaikan Komoditas Kelapa Sawit.

JAKARTA- Kelapa sawit merupakan komoditas dengan ragam manfaat. Selain untuk bahan konsumsi, kelapa sawit juga bisa diolah menjadi bahan bakar. Sebagai salahsatu negara penghasil sawit terbesar di dunia, kelapa sawit ditanam di 26 Provinsi di Indonesia. Kelapa sawit atau Ctude Palm Oil (CPO) juga sangat potensial sebab dalam beberapa waktu terakhir mulai mengalami kenaikan harga.

Seperti dikutip dari situs berita tempo.co, umumnya kelapa sawit hanya dikenal untuk diolah menjadi minyak goreng saja, namun siapa sangka pohon seribu manfaat ini dapat diolah menjadi produk lain yang tak kalah harga jualnya. Berikut deretan produk turunan kelapa sawit :

1. Margarin

Margarin merupakan produk pangan yang dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dalam bentuk olahanya. Mengutip dari usu.ac.id, margarin dapat dibuat dari minyak stearin kelapa sawit, minyak kelapa sawit dan minyak kelapa dengan cara blending dan interesterifikasi.

2. Krimer Non Susu (Choffe Whitener)

Dilansir dari sawitindonesia.com, minyak sawit dapat dijadikan salah satu bahan pembuat krimer non susu. Mengutip dari ipb.ac.id, produk krimer non susu menggunakan bahan baku utama minyak kelapa sawit dan minyak kedelai. Kelebihan dari krimer ini adalah awet dan tahan lama, serta memiliki bau yang tidak apek.

Baca Juga:  Harga Tandan Buah Segar di Riau Pekan Ini Turun Tipis

3. Coating Fat

Coating fat adalah lemak pelapis yang dibuat dari minyak nabati dan dimurnikan dengan teknik deodorasi, sebuah riset yang dilakukan BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) mengembangkan teknologi coating berbasis kelapa sawit yang berguna untuk melapisi bahan pangan sehigga masa simpan menjadi lebih lama.

4. Sosis

Mengutip dari ppid.ipb.ac.id, sawit sebagai pengganti lemak juga dapat digunakan untuk membuat sosis sebagai pengganti lemak hewan. Diketahui minyak sawit memang memiliki kandungan karoten tinggi sehingga dapat menjadi sumber provitamin A yang potensial.

5. Es Krim

Dilansir dari litbang.kemenperin.go.id, minyak sawit berpotensi digunakan dalam proses pembuatan es krim sebab bentuknya yang semi padat dan mengandung asam lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang. Es krim dari minyak sawit ini dinilai juga lebih sehat dibanding es krim lainnya.

Bagikan:

Informasi Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer
PLASMA
Peraturan Menteri Pertanian No.26 tahun 2007 tentang Padoman Perizinan Usaha Perkebunan
Slide1
Opening Ceremony Bimbingan Teknis UMKM Bikopra Aspekpir Indonesia di Provinsi Riau, 21 November 2022
Dokumentasi Laporan Musirawas (1)
Begini Dampak Positif Hilirisasi Kelapa Sawit di Indonesia.
Slide2
Palm Oil Mill Effluent atau POME Bisa Diolah Menjadi Biodiesel
Terbaru
2024-05-12-akhir-pengabdian-sugiarti
Akhir Pengabdian Sugiarti, Istri Tercinta Setiyono, Ketua Umum Aspekpir Indonesia
IKLAN DUKA CITA
Aspekpir Indonesia Berduka, Istri Tercinta Ketua Umum Wafat.....
Sulteng
BPDPKS-Aspekpir Gelar Workshop UKMK; Petani Sawit Plasma Sulteng Ingin Kembangkan Ternak Sapi Pola Siska
Workshop Riau
BPDPKS-Aspekpir gelar Workshop UKMK Industri Kecantikan Berbasis Kelapa Sawit