Edit Content

Menu Utama

Lainnya

Majalah Sawit Indonesia Serahkan 55 Award Kepada Tokoh, Perusahaan, Petani dan Asosiasi Sawit

Jakarta- Majalah Sawit Indonesia menyerahkan 55 penghargaan kepada tokoh sawit, perusahaan, petani, dan asosiasi dalam ajang Sawit Indonesia Award 2022 yang digelar di Hotel Aryaduta, Jakarta.

Penghargaan itu merupakan rangkaian HUT ke-11 Majalah Sawit Indonesia yang juga diadakan talkshow bertemakan “Optimalisasi Ekspor Sawit Sebagai Antisipasi Dampak Resesi”. Kepala Staf Kepresidenan Moeldokomengapresiasi penghargaan itu sebagai bentuk tanggung jawab untuk tetap bekerja dalam rangka membantu petani maupun pengusaha sawit.

Tujuannya untuk makin membuat sejahtera dan memberikan kontribusi besar kepada perekonomian. “Selama ini Majalah Sawit Indonesia hadir untuk menjadi panduan bagi industri sawit di Indonesia baik kepada investor, pengusaha dan petani,” ujar Moeldoko dalam siaran pers yang diterima, Kamis (15/12) seperti diberitakan jpnn.

Dia juga menyampaikan terima kasih untuk penghargaan bidang monitoring program sawit yang diterimanya dalam kegiatan itu. Moeldoko menjelaskan bahwa industri sawit menghadapi berbagai kesulitan dan hambatan persaingan dengan industri minyak nabati lain di luar negeri.

Namun, tantangan itu diharapkan membuat industri sawit makin kuat dan tangguh. ”Untuk itu, mari jadikan setiap tantangan sebagai pemacu dalam bekerja,” ujar dia.

Dalam kegiatan itu, Majalah Sawit Indonesia juga menyerahkan penghargaan kepada Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atas dedikasi dan kebijakannya dalam stabilisasi program minyak goreng.

Budi Santoso selaku Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan talkshow dan ajang Sawit Indonesia Award 2022. Dengan kegiatan seperti itu akan menciptakan sinergi yang kuat antara pemerintah selaku pengambil kebijakan dengan seluruh stakeholders untuk membangun dan mengembangkan sektor kelapa sawit.

Baca Juga:  Hadapi Resesi, Kemendag Dorong Ekspor Sawit ke Negara Non Tradisional

Selanjutnya ancaman resesi, ketegangan geopolitik di Eropa Timur, cuaca ekstrem akibat perubahan iklim dan pandemi Covid-19 yang belum berakhir menimbulkan risiko perlambatan pemulihan ekonomi global. Untuk mengantisipasinya, pemerintah Indonesia terus berupaya mendukung pemulihan dan perkembangan ekonomi nasional yang berkelanjutan dengan mengupayakan pemberdayaan ekonomi domestik.

Kemudian penguatan produk lokal dan mendorong program Bangga Buatan Indonesia, serta hilirisasi industri yang berbasis Sumber Daya Alam (SDA) untuk memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor. Dia menyebut Kementerian Perdagangan telah menerbitkan Permendag Nomor 49 Tahun 2022 dan Permendag Nomor 50 Tahun 2022 untuk fleksibilitas dan kemudahan bagi pelaku usaha.

Lalu mengoptimalkan penyediaan minyak goreng dengan harga yang terjangkau bagi konsumen dari pasokan bahan baku yang harganya menguntungkan bagi pekebun dan secara pararel mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui kegiatan ekspor produk sawit dan turunannya.

Ketua Panitia Sawit Indonesia Award Qayuum Amri menyebut kegiatan yang mereka gelar merupakan ajang penghargaan kepada insan kelapa sawit nasional baik kepada individu dan lembaga. Penghargaan ini juga baru pertama kali diadakan di Indonesia yang ditujukan khusus bagi pelaku industri sawit.

“Jumlah penghargaan yang diserahkan sebanyak 55 penghargaan yang terdiri dari 12 penghargaan kategori lifetime achievement, 7 penghargaan kepada asosiasi dan lembaga kajian sawit,” kata dia. Selanjutnya, ada 36 penghargaan yang diberikan kepada perusahaan sawit dan supporting sesuai masing-masing kategori. (cuy/jpnn)

Bagikan:

Informasi Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer
PLASMA
Peraturan Menteri Pertanian No.26 tahun 2007 tentang Padoman Perizinan Usaha Perkebunan
Slide1
Opening Ceremony Bimbingan Teknis UMKM Bikopra Aspekpir Indonesia di Provinsi Riau, 21 November 2022
Slide2
Palm Oil Mill Effluent atau POME Bisa Diolah Menjadi Biodiesel
kelapa-sawit
Begini Cara Membuat Pakan Ikan dari Bungkil Kelapa Sawit
Terbaru
b23dc122-b3ec-4944-a050-b67ce5fc0450
Percepatan PSR, Aspekpir-BPDPKS-PalmCo Kobalorasi Gelar Sosialisasi PSR Pola Kemitraan
286771de-c549-4c27-a132-68bed589ccd5
Pada Workshop UKMK Sawit BPDPKS-Aspekpir, Petani Sawit Sumut Ingin Ekspor Lidi Sawit
2024-05-12-akhir-pengabdian-sugiarti
Akhir Pengabdian Sugiarti, Istri Tercinta Setiyono, Ketua Umum Aspekpir Indonesia
IKLAN DUKA CITA
Aspekpir Indonesia Berduka, Istri Tercinta Ketua Umum Wafat.....