Edit Content

Menu Utama

Lainnya

Minyak Sawit Jadi Bahan Pengganti Lemak Susu Dalam Produksi Keju Analog

JAKARTA-Dalam beberapa tahun terakhir, pelaku usaha terus berinovasi untuk menghasilkan produk-produk konsumsi yang bebas kolesterol, termasuk produk keju. Minyak nabati dipilih sebagai salah satu pengganti lemak susu dalam produksi keju.

Melansir laman InfoSAWIT pada Selasa (3/1), minyak sawit dan produk turunannya dipilih sebagai salah satu bahan sebagai pengganti lemak susu dalam produksi keju analog berbasis kelapa sawit. Alasannya, kandungan asam lemak minyak sawit seimbang serta kandungan antioksidan alami seperti tokoferol dan tokotrienol yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

“Banyak juga penelitian yang melaporkan bahwa penggunaan minyak sawit dan produknya dalam pembuatan keju analog telah menghasilkan produk akhir yang menunjukkan atribut organoleptik yang sebanding dengan keju alami, tetapi dengan profil nutrisi yang lebih baik dan kandungan kolesterol yang lebih rendah,” catat laman InfoSAWIT seperti ditulis Warta Ekonomi.

Dalam sumber yang sama disebutkan, minyak sawit banyak digunakan dalam produksi pengganti keju seperti mozzarella, krim keju, dan keju kashar (keju semi-keras yang dapat diiris). Menurut Karimah dkk. (2001) dalam laman InfoSAWIT, penggunaan minyak sawit dalam formulasi analog mozzarella memberikan sifat fungsional yang mirip dengan keju mozzarella berbasis susu.

Baca Juga:  Harga Minyak Sawit Bisa Tembus US$ 700/Ton, Asalkan...

Studi lain juga mencatat bahwa minyak sawit dapat digunakan dalam produksi keju kashar dengan skor sensoris yang lebih tinggi, menjadikan minyak sawit sebagai alternatif yang dapat diterima untuk produksi keju kashar yang dapat memenuhi permintaan pasar dan konsumen tanpa kehilangan kualitas yang signifikan.

Dewan Minyak Sawit Malaysia (MPOB) juga telah mengembangkan teknologi untuk memproduksi analog keju krim berbasis kelapa sawit yang menawarkan keserbagunaan fungsional ke analog keju krim, dengan penampilan dan tekstur produk akhir yang hampir identik dengan keju krim berbasis susu, tetapi dengan peningkatan kualitas gizi.

Bagikan:

Informasi Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer
PLASMA
Peraturan Menteri Pertanian No.26 tahun 2007 tentang Padoman Perizinan Usaha Perkebunan
Slide1
Opening Ceremony Bimbingan Teknis UMKM Bikopra Aspekpir Indonesia di Provinsi Riau, 21 November 2022
Dokumentasi Laporan Musirawas (1)
Begini Dampak Positif Hilirisasi Kelapa Sawit di Indonesia.
Slide2
Palm Oil Mill Effluent atau POME Bisa Diolah Menjadi Biodiesel
Terbaru
2024-05-12-akhir-pengabdian-sugiarti
Akhir Pengabdian Sugiarti, Istri Tercinta Setiyono, Ketua Umum Aspekpir Indonesia
IKLAN DUKA CITA
Aspekpir Indonesia Berduka, Istri Tercinta Ketua Umum Wafat.....
Sulteng
BPDPKS-Aspekpir Gelar Workshop UKMK; Petani Sawit Plasma Sulteng Ingin Kembangkan Ternak Sapi Pola Siska
Workshop Riau
BPDPKS-Aspekpir gelar Workshop UKMK Industri Kecantikan Berbasis Kelapa Sawit