Edit Content

Menu Utama

Lainnya

Produk Gula Sawit Aceh (GUSA) Berbasis Sawit Diminati Saat Pameran UMKM BPDPKS di Palembang.

Palembang-Ide untuk menghasilkan uang dapat dilakukan berbagai cara dan dimana saja. Hal inilah yang dilakukan oleh binaan Aspekpir (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perusahaan Inti Rakyat) Indonesia yakni Koperasi Produsen Makmur Tani Indonesia.

Pelaku pembina Usaha mikro Kecil dan menengah (UKMK) di Aceh ini mampu menghasilkan olahan sawit dengan memanfaatkan air nira sawit untuk pembuatan Gula Sawit Aceh (GUSA).

Menjadi peserta UKMK Just Saw It di Palembang.
Pameran Just Saw It di Palembang.

Gula sawit ni sudah lama di produksi di Aceh sejak tahun 2017 dimana seiring mulai dilaksanakan kegiatan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) batang sawit yang tidak produktif lagi ditebang untuk peremajaan.

“Ide ini muncul setelah shring dengan beberapa pakar dan ahli sehingga koperasi makmur tani Indonesia berinisiatif untuk membina dan memfasilitasi masyarakat tani di wilayah Aceh dengan wadah organisasi Aspekpir Indonesia,” kata Ketua Aspekpir Aceh Naraie saat menjadi peserta gebyar UKMK berbasis sawit yang diadakan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) di Palembang Indah Mal (PIM) pada tanggal 28 s/d 30 Sept 2023.

Baca Juga:  Wawancara Ketua Umum ASPEKPIR H. Setiyono: Program Bikopra Diharapkan Bisa Meningkatkan Kinerja KUD Sawit.

Produk gula sawit sangat diminati di Palembang. Produk ini dapat dimanfaatkan untuk pemanis makanan maupun sebagai pemanis kopi. Selain produk gula, sawit binaan Aspekpir juga memanfaatkan limbah atau tanaman disekitar kebun masyarakat berupa kerajinan Enceng Gondok yang dibuat berupa tempat pinsil,tempat tisu dan lain sebagainya.

Produk binaan Aspekpir juga ada jenis makanan ringan yang di produksi masyarakat di sekitar kebun sawit yang membuat berbagai macam makanan baik itu keripik pisang manis, keripik tempe, keripik ubi, kue karah yang merupakan makanan favorit.

Produk-produk tersebut pada saat gebyar UKMK di Palembang sangat diminati makanan ringan tersebut.semua produk ini bisa di pesan melalui media sosial Instagram makmurtaniindonesia.

Bagikan:

Informasi Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer
kelapa-sawit
Begini Cara Membuat Pakan Ikan dari Bungkil Kelapa Sawit
PLASMA
Peraturan Menteri Pertanian No.26 tahun 2007 tentang Padoman Perizinan Usaha Perkebunan
Merauke Ok
Sosialisasi Sawit Baik Indonesia 2022 di Kab. Garut Jawa Barat
Slide2
Palm Oil Mill Effluent atau POME Bisa Diolah Menjadi Biodiesel
Terbaru
Slide1
Program PSR Telah Sentuh 142.078 Pekebun Kelapa Sawit Rakyat
Slide2
Gapki Prediksi Kinerja Ekspor Minyak Sawit Indonesia Menurun pada Tahun 2024
Mentan10
Pengurus Aspekpir Dikukuhkan, Mentan Tekankan Pentingnya Hilirisasi Sawit
Slide5
FGD BPDPKS-ASPEKPIR: Regenerasi Petani Sawit Kunci Mewujudkan Sawit Berkelanjutan