Edit Content

Menu Utama

Lainnya

Secara Aklamasi, Setiyono Kembali Pimpin Aspekpir Indonesia Periode 2023-2028

Jakarta-Setiyono, Pria 56 tahun asal Dayun, Siak, Provinsi Riau terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perusahaan Inti Rakyat (Aspekpir) Indonesia periode 2023-2028.

Salah satu pendiri dan penggagas Aspekpir Indonesia itu terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Nasional ke 1 tahun 2023 yang diselenggarakan di Pekanbaru, 5-7 November 2023.

Munas dibuka secara resmi oleh Dirjen Perkebunan Andi Nur Alam Syah dan dihadiri Plt Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Direktur Utama BPDPKS diwakili Kepala Divisi KUKM Helmi Muhansyah dan sejumah tokoh perkebunan kelapa sawit di Indonesia.

 

Foto bersama Sekjen.

Munas dihadiri oleh 14 Dewan Pengurus Daerah (DPD) Tingkat I Aspekpir Se- Indonesia dan sebanyak 54 pengurus DPD Tingkat II Aspekpir se-Indonesia.

Sidang Pleno Pemilihan Ketua Umum yang dipimpin Ketua DPD I Aspekpir Sulbar Budhi Yanto, Pengawas Aspekpir Kalsel Prof Dr. Husaini dan Ketua DPD I Aspekpir Jambi Roy Asnawi.

Aklamasi diperoleh setelah pimpinan Rapat menanyakan kesediaan Setiyono selaku Ketua Umum Dimisioner dan seluruh DPD I Aspekpir yang hadir yang menyatakan mencalonkan Setiyono sebagai Ketua Aspekpir Indnesia periode 2023-2028.

Munas juga telah menunjuk Sekretaris Jenderal Aspekpir Indonesia Syarifudin Sirait yang juga Ketua DPD I Aspekpir Sumatra Utara dan Tim Formatur untuk menyusun kepengurusan DPP Aspekpir periode 2023-2028.

Baca Juga:  BPDPKS-Aspekpir Gelar Workshop Petani Sawit Milenial, Dukung Regenerasi Sawit di Banten

Proses pemilihan berjalan dengan baik dimana seluruh peserta munas sangat saling menghargai dan menghormati antara satu dengan lainnya. “Ini Munas yang luar biasa. Soft landingnya sangat bagus,” kata tokoh perkebunan sawit PIR Gamal Nasir.

Mantan Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan juga mengapresiasi pelaksanaan munas yang berjalan dengan baik, penuh kekeluargaan dan keakraban dan berharap suasana begini dapat terus ditumbuhkan.

Pimpinan rapat pleno 1

Setelah Munas ini, Aspekpir langsung bekerja, salah satunya soal pendataan dimana sejumlah daerah menyerahkan data keanggotaan kepada Ketua Umum terpilih antara lain Kalimantan Barat.

“Data keanggotaan ini menjadi program yang harus kami selesiaikan. Kita bangga jika anggota kita terdata dengan baik,” kata Setiyono.

Pada Munas Aspekpir juga dilaksanakan Seminar yang mengangkat penguatan kelembagaan petani sawit PIR. Juga diserahkan penghargaan kepada sejumlah lembaga, organisasi, perorangan dan koperasi. “Semoga Munas ke 1 tahun 2023 ini dapat menjadi contoh bagi munas-munas Aspekpir selanjutnya bahwa kekeluargaan dan musyawarah untuk mufakat harus dibangun,” kata Try Yantana, Ketua Panitia Pelaksana.

 

Selamat kepada Bapak Setiyono.
Ketua Umum Aspekpir Indonesia periode 2023-2028.

Bagikan:

Informasi Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer
kelapa-sawit
Begini Cara Membuat Pakan Ikan dari Bungkil Kelapa Sawit
PLASMA
Peraturan Menteri Pertanian No.26 tahun 2007 tentang Padoman Perizinan Usaha Perkebunan
Merauke Ok
Sosialisasi Sawit Baik Indonesia 2022 di Kab. Garut Jawa Barat
Slide2
Palm Oil Mill Effluent atau POME Bisa Diolah Menjadi Biodiesel
Terbaru
Slide1
Program PSR Telah Sentuh 142.078 Pekebun Kelapa Sawit Rakyat
Slide2
Gapki Prediksi Kinerja Ekspor Minyak Sawit Indonesia Menurun pada Tahun 2024
Mentan10
Pengurus Aspekpir Dikukuhkan, Mentan Tekankan Pentingnya Hilirisasi Sawit
Slide5
FGD BPDPKS-ASPEKPIR: Regenerasi Petani Sawit Kunci Mewujudkan Sawit Berkelanjutan